Saturday, August 3, 2013

Yahoo! Beli Peramban Rockmelt [ BeritaTerkini ]


TEMPO.CO, San Fransisco- Raksasa internet sepertinya tak lelah buat belanja perusahaan rintisan (startup). Setelah belasan kali membeli startup, di bawah kepemimpinan Marissa Mayer Yahoo kini membeli lagi peramban (browser) Rockmelt.

Menurut sumber situs teknologi AllthingsD, harga yang dibayarkan kepada browser sosial itu tak jauh dari duit yang ditanam para investor, antara US$ 60 juta-US$ 70 juta. Rockmelt sudah menerima sekitar US$ 40 juta dari investor beken seperti Accel Partners, Khosla Ventures, Andreessen Horowitz, First Round Capital, Bill Campbell and Ron Conway.

Marrisa Mayer melalui akun Twitternya mengucapkan salam gabung ini. "Welcome Rockmelt," tulisnya melalui twitter.

Rockmelt selama ini merupakan browser yang menggabungkan fungsi social dalam penggunaanya, seiring makin maraknya social media. Dengan gabungnya Rockmelt, maka Yahoo akan menjadi lawan yang seimbang dalam browser seperti Chrome (Google) Firefox (Mozilla) dan Microsoft (Internet Explorer). Yahoo! ingin menggunakan teknologi Rockmelt untuk keperluan media dan kemampuan mobile.

Walau diakuisisi, namun Yahoo! tak akan menanamkan orangnya di Rockmelt. Dalam kesepakatannya, duo pendiri Rockmelt, Tim Howes dan Eric Vishria tetap akan menjadi bos dan berbagi tugas. Seperti tugas mereka mendirikan Rockmelt pada 2010. Akan tetapi, Yahoo akan menutup aplikasi Rockmelt pada 31 Agustus nanti. Pengguna disarankan untuk memindahkan data mereka sebelum gulung tikar.

Rockmelt sejatinya ingin memberikan sentuhan social pada browser. Melalui browser Rockmelt, pengguna bisa mengakses dan berbagi tanpa harus masuk melalui social media macam Facebook atau Twitter. Namun banyak pengguna justru lebih senang memakai social media langsung dari empunya. Rockmelt beralih rupa jadi semacam content agregator, seperti halnya aplikasi content Flipboard. Juni lalu, dari sejuta pengguna aplikasi di iOS, hanya setengahnya yang memakai kembali aplikasi itu.

ALLTHINGSD | TECHCRUNCH | NUR ROCHMI

Terhangat:

Mudik Lebaran | Ahok vs Lulung  | Anggita Sari

Baca juga:

Penelitian: Orang Sombong Dihukum oleh Evolusi

Misteri Evolusi Galaksi Terpecahkan

Kebohongan Bisa Dideteksi Lewat Gigi

Mengungkap Rahasia Beruang Kutub

FACEBOOK COMMENT