Sunday, August 4, 2013

Cina Blokir Situs Wall Street Journal? [ BeritaTerkini ]


TEMPO.CO, Beijing - Setelah sebelumnya memblokir situs berita Bloomberg dan New York Times, kini giliran situs Wall Street Journal (WSJ) yang dikabarkan telah diblokir oleh Cina. (Baca: Cina Blokir Situ New York Times).

Situs The Next Web mengabarkan pada Minggu, 4 Agustus 2013, yang mengutip situs GreatFire.org. Situs pemantau pergerakan berbagai situs ini memperlihatkan sebuah tanda URL yang diyakini sebagai URL situs WSJ versi Cina, cn.wsj.com.

Untuk memastikannya, GreatFire melakukan pengujian terhadap ketersediaan URL terpilih itu sekali dalam sebulan. Setelah dilakukan pengecekan, GreatFire melihat adanya pergerakan pembatasan akses terhadap WSJ Cina selama bulan Juli 2013. Pantauan GreatFire kemudian berhenti pada tanda berwarna merah yang muncul Sabtu, 3 Agustus 2013. Tanda merah itu menunjukkan adanya pemblokiran situs WSJ versi Cina.

Meskipun demikian, pemblokiran situs WSJ Cina masih belum jelas. Apakah pemblokiran bersifat permanen untuk seluruh situs atau hanya pada beberapa konten tertentu. Alasan pemblokiran situs WSJ Cina ini pun masih belum diketahui secara pasti.

Negeri Tirai Bambu itu cukup sering memblokir situs-situs yang dianggap merugikan pemerintahan Cina. Tahun 2012, misalnya, Cina memblokir situs berita Bloomberg pada bulan Juni yang kemudian disusul New York Times pada bulan Oktober akibat memberitakan kekayaan keluarga Wakil Presiden Xi Jinping dan mantan Presiden Wen Jiabao. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter pun tak luput dari pemblokiran.

THENEXTWEB | HOSPITA

Terpopuler

Menyingkap Gen Adam dan Hawa

Yahoo! Beli Peramban Rockmelt

Twitter Tambahkan Fitur Hasil Pencarian Foto

Kedelai Bisa Jadi Obat HIV/AIDS

Google Contek Find My Phone iOS untuk Android

AS Batalkan Larangan Penjualan iPhone dan iPad

Ex-Bos Windows Dilarang Kerja di 7 Perusahaan Ini

FACEBOOK COMMENT