Sunday, August 25, 2013

Perjalanan EKA LESMANA mengenal dunia IM - BeritaTerkini


Feed: Indonesia Internet Publishing, Advertising and Marketing Community
Posted on: Tuesday, August 20, 2013 23:15
Author: Eka Lesmana
Subject: Perjalanan EKA LESMANA mengenal dunia IM

 

Wah dah setengan ngantuk , ternyata salah kamar . OM ped tolong pindahin ya

Sebelum saya lanjutin perjalananku mengenal dunia IM .

Perkenalkan nama IM ane : Eka Lesmana ( buat yang belum kenal saya yach , yang udah kenal gausah tanya . hehehehe )


Kita mulai ceritanya yah ......



Saya sendiri hanyalah anak dari desain dengan minim pendidikan , secara ane cuma lulusan SMP aja sih ( maklum keterbatasan biaya ) .

Sejak kecil ane dah terbiasa hidup mandiri karena ibu ane dah pulang kerumah allah pass ane kelas 4 SD dan 2 tahun kemudian bapak ane nikah lagi trus ga tau kemana sama istrinya itu .

Hem selama bapak ane pergi dak tau kemana , ane tinggal sama simbah ane - sekolah juga di biayain simbah . Tapi karena keterbatasan biaya yach bisa sampai SMP aja . Itupun juga waktu SMP susah cari duit buat bayar ini itu ,

Gaya sepatu dan baju kebesaran itu gaya ane selama SMP , lucu juga yah waktu SMP pake sepatu ukuran 40 padahal ukuran ane cuma 35 dulu . Itu semuapun juga di kasih orang . lebih baik uangnya buat beli buku biar tambah pinter . Lha wong sepatu sama baju juga ada yang ngasih .

Walau dari keluarga miskin , kata temen ane - ane termasuk anak cerdas karena selalu dapet rangkin di kisaran 1 2 3 . Dah hobi ane juga main komputer ( Ini bakat masa depa ane )


Singkat cerita .....

Ane dah lulus Smp , lulusan SMP mau kerja apa sih , cari kerjaan juga susah . Nah akhirnya ane ikut deh pak lek ANGGON BEBEK . Lumayan asik juga karena asik aja liat banyak bebek di anggon . Tap bukan ke ahlian ane kali ya , setiap kali angon pasti ada bebek yang ilang , entah itu ketinggalan di sawah ataupun di makan musang .

Dari bebek 400 ekor balik bisa kurang 5 ekor , besoknya lagi hilang 2 ekor . Lama kelamaanya ya tekor .


Yaudah setelah itu ane cari kerjaan lain , ane di ajak sama budhe ane kerja di sebuah pabrik di solo . Ya lumayan lama di sana kisaran 1 tahunan , kerja serabutan ane lakonin dah di pabrik . Mulai oprasi mesin giling , jadi kuli di gudang dan lain2 .


Singkat cerita lagi .....

Ada mandor ane yang mau risen dari pabrik , dia bilang mau buka cabang distributor di jogja .

Nah ane di tawarin ke ane , katanya kerja ane bagus makanya dia ajak ane .

Gaji juga di naikin , kalau ga salah 1,3 jt / bulan .


Nah di jogja inilah awal mula ane mengenal dunia IM ,


KISAHNYA BEGINI ...........


Pas ane kerja , ada pelanggan yang beli produk banyak rutin lagi .

Lalu ane tanya ....


Ane : Punya toko sendiri ya mbk ...?

Mbknya : Ya iya mas , tapi kecil kecilan kok .

Ane : belinya banyak gitu pasti toko gede mbk ?

Mbknya : Saya jualan online kok mas , jadi lumayan banyak yang beli . dari luar pulau malah yang banyak

Ane : Pake facebook itu ya mbk ..?

Mbknya : Facebook iya , tapi masih di mayoritas pake website mas .

Ane : Website itu apa to mbk ..?

mbknya : Ya kaya toko gini mas , tapi toko online . coba masnya browsing2 cari tahu tentang apaitu website atau apa itu toko online .

Ane : Ok ok dech mbk , carinya di google itu yah

Mbknya : iya mas


Dari pernyataan di atas , ane sempet berfikir kok bisa yah . jualan produk lewat online . Apa ane juga bisa kaya mbknya , lha wong apa apa ga mudeng blass .


Habis kejadian itu ane sering ke warnet , hampir setiap hari malah . Setiap hari itu ane bisa ngenet 4 jam , kalau di total di warnet itu selama 3 bulan lamanya . Di pikir2 kok boros yaudah , ada pikiran utang duit sama bos buat beli laptop .

Duit cair baru dech beli laptop BYON .


Laptop dan kelengkapan internet dah ada semua , ane mulai belajar .

Pertama tama ane cari tau belajar membuat membuat website untuk toko online . Belajar terus ampe banyak kendala dan kegagalan yang ane alamin .

Dulu pakenya opencart dan prestashop buat toko online .


setelah bisa buat toko online ane seneng banget , tapi ada yang aneh yah .

Bisa buat website toko online tapi kok ga ada yang beli , yaiyalah ga ada yang berkunjung gan .


Nah ane belajar lagi cara mendatangkan pengunjung di websie toko online ane . 1 bulan - 2 bulan - 3 bulan -4 bulan ane dah mulai paham tentang seo . Bulan kelima mulai ada pengnujung dan pembeli .

Sejak itu ane mulai paham cara pengoperasian toko online dan cara mendatangkan pengunjung .


Dari toko online itu ane bisa nabung buat masa depan dan lain - lain . Tapi di sini ane mengalami dimana kejenuhan mendatangi ane , di mana harus mantengin keyword supaya di serp bagus dan lagi capek packing n kirim barang ke jasa pengiriman .


Ane berfikir , ada ga ya bisnis online tapi cuma butuh pikiran jadi ga capek fisik dan pikiran kaya gini . Nah ane browsing2 banyak saya temui cara cepat kaya , modelnya MLM . yah namanya orang awam ya kena tipu . Tapi dak papa buat pelajaran toh .


SINGKAT CERITA .....

Ada seorang pelanggan datang ke tempat saya , maksudnya ketempat kerja saya . Orangnya asik enak banget di ajak ngobrol , dia juga cerita2 tentang kerjaannya . Katanya iya kerja sebagai publisher GA . Perbulannya aja dia bisa sampai 50 jutaan ,


Wah ngiler ane dengernya , trus ane tanya2 seputar google adsense sama dia . Semua di jelasin sama dia ke ane , mulai aga paham sih di tambah info dari internet jadi mulai paham .

1 kalimat yang ane inget darinya itu begini gan

" Temukan gayamu sendiri dalam adsense , jangan suka ngikut - ngkut gaya orang lain yang belum tentu kamu bisa "


Nah disinilah ketertarika ane dalam dunia GA .

Masih punya toko online aktif tapi takut ga keurus , yaudah saya jual tu website ke pelanggan ane di sana .


Dah ga ada pikiran , ane coba fokus ke dunia adsense ini ,

ternyata tidak semudah yang orang bilang yach .


Pasang iklan di blog , ada pengungjung klik iklan kita di bayar .


Ternyata semua ada startegi , trik ataupun manageman yang jelas .


Setelah jatuh bangun di dunia adsense , akhirnya ane nemu gaya ane dalam blogger yang pastinya mudah dan simple .


Setelah berbulan bulan ane mulai paham dan , pundi - pundi dollar mulai terisi . Walau sedikit tapi ane seneng banget .

Nah pas earning ane dari GA dah kisaran 100 - 200 dollar / bulan , ane ketemu lagi sama orang yang dulu ngajarin tentang adsense ke ane .


Seneng juga ketemu guru besar , dia tanya dah dapet berapa dari GA ?

yah lumayan jawab ane , di kisaran 100 - 200 .

Trus dia support ane , tetep semangat jangan males - malesan .

Ane tanya guru ane ini dah tembus 10000+/ bulan .


Buju bunet , tambah nginer tapi ane jadi lebih termotivasi lagi .



Dengan berjalannya waktu ane mulai paham betul tentang adsense dan Earning dari GA terus menanjak . Banyak uji coba yang ane lakuin dan banyak juga yang berhasil .

Alhamdulillah , earning dah lebih dari cukup untuk masa depan nantinya .

Dan akhirnya sampai sekarang jadilah EKA LESMANA .


Ane adalah tipe orang yang ga suka gaya glamour , jadi jangan kaget jika suatu saat agan jumpai ane dengan penampilan anak mudah biasa - biasa aja .




Catatan :

1. Dari dulu ane belajar dengan cara white ( ajaran sang guru , katanya untuk jangka panjang ternyata bener juga )
2. Fokus dan konsisten sangat perlu
3. Pemahaman tentang adsense , seo , blog dan lainnya sangat perlu
4. Sedekah itu perlu
5. Jangan lupa solat malah
6. Jangan suka sirik sama blog saingan , bersaing sehat aja
7. Kegagalan banyak saya alami , tapi ini uru terbesar kita agar jadi yang lebih baik
8. Jutaan rupiah dah banyak ane keluarin untuk beli hosting domain , ketipu MLM , Ketipu ebook2 sampah dan lainnya



Jadi sobat forum , ini hanyalah sekedar curhatan ane mengenal dunia IM tepatnya adsense .

Seorang anak desa dari keluarga miskin yang menjadi seorang blogger di perantauan .



Nah sobat jika curhatan ane ini bermanfaat

jangan lupa LIKE ya




Salam hangat

Eka Lesmana

 

FACEBOOK COMMENT