Thursday, August 22, 2013

Menambah Berat Badan Cara Sehat dengan Ngemil Kacang [ BeritaTerkini ]


Jakarta – Kelebihan berat badan bisa menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh. Tapi bukan berarti tubuh yang terlalu kurus berarti bebas dari gangguan kesehatan.

Tubuh terlalu kurus akan membuat seseorang mudah lelah, kekurangan lapisan lemak yang berfungsi melindungi otot dan tulang dari benturan juga miskin nutrisi. Mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi kalori jadi keharusan jika Anda mendambakan tubuh yang lebih seksi dan berisi. Tapi jangan lupakan juga camilan.

Bukan dengan keripik kentang, kraker, kue cokelat atau gorengan yang tinggi kalori tapi tidak ada nutrisi melainkan camilan sehat kaya protein. Kacang-kacangan merupakan camilan dengan rasa yang enak dan bisa bantu menggemukkan tubuh dengan cara sehat.

“Bersama makanan sehat tinggi kalori seperti panir dan kacang, olahraga dan latihan kekuatan bisa membantu Anda menambah berat badan,” ujar nutritionist dan konsultan fitnes Suman Agarwal, dikutip dari iDiva. Jenis kacang apa saja yang bisa menaikkan berat badan dengan cara yang sehat? Ini dia.

1. Almond
Almond merupakan jenis kacang yang paling baik untuk menaikkan berat badan. Selain kaya protein, juga mengandung vitamin dan mineral.

“Almond tinggi nutrisi dan mengandung lemak serta protein sehat. Almond juga sumber serat yang baik, lemak tak jenuh yang baik bagi jantung, protein berkualitas tinggi, Vitamin E, magnesium, potassium, kalsium, fosfor dan zat besi,” papar Suman.

Ia menambahkan, kacang dengan rasa gurih ini juga membantu mencegah obesitas, penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Konsumsi teratur setiap hari bisa meningkatkan intelektualitas pada anak yang sedang masa perkembangan. Tapi meskipun punya banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsinya tetap harus dibatasi. Sesehat apapun makanan jika dikonsumsi secara berlebihan hasilnya tidak akan baik.

Tinggi akan kalori, almond sebaiknya dikonsumsi 6-7 butir saja per harinya. Perlu diingat, jangan konsumsi almond yang sudah diberi perasa dan pemanis. Konsumsilah almond panggang tanpa tambahan rasa dan masih memiliki kulit ari yang mengandung banyak serat. Bisa juga mengonsumsi almond mentah yang sebelumnya telah direndam dalam air semalaman.

2. Walnut
Walnut atau biasa disebut juga dengan kacang kenari memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi. Seperti linoleic acid, alpha-linoleic dan arachidonic acids yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan secara optimal. Walnut juga mengandung nutrisi tinggi untuk membantu menambah berat badan dengan cara aman dan sehat.

Seperti almond, walnut pun harus dikonsumsi secara bijaksana. Tidak kurang dan kelebihan. Sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah atau yang sudah dipanggang sebentar. Bisa juga dicampurkan dalam salad sayuran atau oatmeal.

3. Macadamia
Kacang ini sumber vitamin B1 dan Omega 9 yang baik. Juga mengandung magnesium dan mangan yang tidak hanya membantu menaikkan berat badan tapi juga berkhasiat memelihara kesehatan jantung. Macadamia biasa digunakan sebagai campuran es krim atau isian cokelat. Tapi akan manfaatnya lebih maksimal jika dikonsumsi secara mentah, atau dipanggang tanpa tambahan gula maupun garam.

(hst/eny)

Browser anda tidak mendukung iFrame


FACEBOOK COMMENT