Thursday, August 1, 2013

Pantai Pagatan - BeritaTerkini




Pantai pagatan adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di kalimantan, tepatnya di kecamatan Kusam Hilir kabupaten Tanah Bambu. Pantai ini yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kalimantan Selatan ini mempunyai panorama alam yang sangat indah. Pantai ini tidak kalah istimewa dengan pantai yang lain, Pantai Pagatan ini memiliki ombak yang kecil, panorama laut biru yang indah, pohon kelapa dan angin pantai yang tertiup angin.

Selain itu yang membedakan Pantai Pagatan dengan pantai yang lain adalah adanya acara ritual khas nelayan keturunan Bugis di kawasan sekitar pantai Pagatan yang biasa di sebut Pesta Laut (Maccera Tasi) . Pesta Laut di laksanakan pada pertengahan bulan April. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas sebagai limpahan hasil laut dan sekaligus memohon perlindungan selama nelayan berada di laut waktu sedang bekerja.

Puncak acara yang lebih di kenal dengan âPesta Lautâ ini adalah melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan sejenis mantra ke tengah laut. Biasanya acara ini juga di meriahkan dengan adanya atraksi musik dan tari-tarian tradisional.

Fasilitas

Di Pantai Pagatan ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti : Persewaan perahu, mushola, penjaga pantai, pondok wisata, memancang ikan, shelter-shelter dan lain-lain.

Transportasi

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Pantai Pagatan, perjalanan bisa dimulai dari Kota Banjarmasin menuju Batulicin, Ibu Kota Kabupaten Tanah Bumbu, yang berjarak sekitar 315 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.

Kemudian, perjalanan dapat dilanjutkan menuju lokasi dengan menempuh jarak sekitar 38 km, yang waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Lokasi yang berada tepat ditepi jalan raya Banjarmasin-Batulicin membuat obyek wisata ini mudah dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Quote:

Quote:

Quote:


 

FACEBOOK COMMENT