Thursday, June 27, 2013

FW: Tips Mencegah Kekeringan pada Mata karena Baca Buku Terlalu Lama


 

 

Feed: Wolipop
Posted on: Thursday, June 27, 2013 17:47
Author: Wolipop
Subject: Tips Mencegah Kekeringan pada Mata karena Baca Buku Terlalu Lama

 

Jakarta - Hobi membaca buku? Ada peringatan penting untuk Anda. Menurut penelitian, membaca buku dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko sindrom mata kering. Sindrom ini menyebabkan mata lelah, kemerahan juga perih.

Penyebabnya yakni ketika membaca, jumlah kedipan mata akan berkurang hingga 1/3 dibandingkan saat aktivitas mata normal. Anda perlu sering-sering berkedip agar mata terlapisi oleh kelenjar air mata. Hal ini untuk mencegah terjadinya penguapan air mata yang menyebabkan mata kering.

Kecenderungan terjadinya sindrom mata kering ini terungkap dalam Hay Festival of Literature of Arts. Sebuah festival tahunan di Inggris, dimana para penulis dan penggemar buku berkumpul, berdiskusi dan membedah buku, yang telah rutin diadakan selama 25 tahun.

The Spectrum Thea, perusahaan spesialis penanganan kesehatan mata yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut menemukan, banyak pembaca mengeluhkan matanya sakit dan kering selama beberapa waktu. Hal itu karena kebiasaan mereka yang terlalu sering dan lama membaca buku.

Namun sindrom mata kering ini seharusnya tidak menghentikan minat membaca buku. Bagaimanapun juga, semangat membaca buku tetap harus ditingkatkan karena akan membuka jendela pengetahuan dunia. Dokter spesialis mata Sarah Farrant memberikan tips bagaimana mengurangi ketegangan dan kekeringan pada mata saat lama membaca buku, seperti dikutip dari Female First.

1. Ketahuilah bahwa efek membaca buku bisa membuat Anda mengurangi jumlah kedipan mata. Oleh karena itu, latih mata untuk sering berkedip saat membaca atau menatap layar komputer. Jangan terus membaca hingga bab terakhir tanpa berhenti.

2. "Gunakan aturan 20.20.20. Setiap 20 menit tataplah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari Anda selama 20 detik. Lakukan secara rutin selama membaca," saran Dr. Sarah. Cara ini akan mengurangi ketegangan pada mata dan membantu merehidrasi serta melumasinya.

3. Pakai obat tetes mata untuk lebih membantu melembabkan dan menjaga kestabilan cairan pada mata. Tapi jangan terlalu sering dilakukan. Hanya pakai obat tetes mata ketika Anda terpapar layar komputer atau membaca dalam waktu yang sangat lama.

(hst/hst)

 

Browser anda tidak mendukung iFrame


View article...

Enclosures:

174621_bacabuku.jpg (10 KB)
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/e/1/s/2ddeab90/l/0Limages0Bdetik0N0Ccontent0C20A130C0A60C270C11350C1746210Ibacabuku0Bjpg/174621_bacabuku.jpg

 

FACEBOOK COMMENT